11.06.2008

Akhirnya, Selesai juga penuntun

Akhirnya, Alhamdulillah penuntun praktikum selesai dibuat dan mendapat persetujuan dari pembina mata kuliah. Padahal, saya sebelumnya ragu apakah bisa menyelesaikan amanah ini. Walaupun pembuatan penuntun ini merupakan sebagian kecil dari amanah sebagai kordinator asisten. Dengan selesainya pembuatan penuntun ini, bukan berarti tugas itu jadi berkurang. Justru semakin ada tambahan, karena praktikum akan segera dimulai. Senang juga sih, karena salah satu pintu untuk masuk ke praktikum sudah bisa dimasuki.
Hari ini, sekitar pukul 09.oo atau kurang sedikit saya pergi kekampus bertemu dengan dosen pembina mata kuliah elektronika untuk melakukan konsultasi apakah penuntun yang saya buat itu layak dipraktekkan atau tidak. Juga hari ini adalah jadwal asistensi praktikum. Sampai di UPT Pustik, kebetulan dosen elektronika adalah kepala Pustik saya segera memberikan penuntun yang saya buat kepada beliau untuk dikoreksi. Siapa tahu ada kekurangan. Setelah beberapa menit diperiksa, Bapak bertanya apakah ada uang yang diberikan kepada asisten sebagai Honor. Maka saya katakan ada. Kemudian bapak bertanya lagi apakah termasuk pembuatan penuntun ini??? Maka saya katakan kalau hal itu saya tidak tahu. Respon saya dengan pertanyaan itu sebenarnya adalah diberikan uang tambahan pembuatan penuntun atau tidak, tidak menjadi masalh buat saya. Yang justru menjadi masalah buat saya adalah jika saya tidak bisa menjalankan praktikum dengan baik. Praktikan dan Asisten puas dengan pengaturan yang saya buat. Pengaturan yang akan disepakati bersama. Itu saja. Saya tidak menginginkan dalam hal pelayanan ini ada ocehan-ocehan yang kurang bagus dari praktikan atau asisten. Juga saya tidak menginginkan ada perkataan-perkataan yang menyudutkan.

Sekitar pukul 09.20, saya menuju ke Lab. Lanjutan Fisika. Setelah itu, menuju keruangan foto kopi untuk memperbanyak penuntun. Kemudian pergi ke Lab Eksperimen tempat berlangsungnya Asistensi. Tidak lama kemudian, praktikan disuruh masuk ruangan karena asistensi akan segera dimulai.
Alhamdulillah, Asistensi juga berjalan dengan baik. Aturan-aturan disepakati. Format-format laporan juga disepakati. Dan langkah awal ini insya Allah tidak menimbulkan masalah.



0 komentar: